Analisis Lingkungan Rumah Sakit

Rumah Sakit merupakan suatu entitas yang unik dan dipandang sebagai organisasi yang terbuka karena berhubungan dan menyentuh langsung dengan masyarakat sekitar.  Dengan sifatnya tersebut maka rumah sakit sangat peka terhadap perubahan lingkungan yang serba tak pasti.  Banyaknya kepentingan baik langsung maupun tidak langsung yang terlibat dalam pemberian perawatan kesehatan menunjukkan pentingnya pengaruh lingkungan bagi perkembangan organisasi kesehatan/ rumah sakit.

Akibat dari lingkungan yang terus berubah dan kebutuhan organisasi akan informasi mengenai kondisi lingkungan yang berbiaya mahal maka pencarian organisasi akan keunggulan kompetitif juga akan semakin mahal.

Berpikir stratejik (strategic thinking) harus diarahkan kearah “membaca” beberapa perubahan yang terjadi dalam lingkungan eksternal dan menentukan yang mana yang penting bagi sukses organisasi .

Secara makro ada beberapa aspek yang mempengaruhi suatu industri, yaitu :

  1. Kondisi ekonomi secara umum
  2. Undang-undang dan peraturan
  3. Demografi penduduk
  4. Nilai-nilai sosial dan gaya hidup
  5. Teknologi

Kelima aspek di atas secara bersama-sama mempengaruhi pada industri yang bersinggungan langsung dan juga lingkungan yang kompetitif.

Bila hal di atas diterapkan pada sistem pelayanan kesehatan di Indonesia maka hubungannya adalah sebagai berikut (sumber Prof. Dr. Laksono Trisnantoro):

model sistem kesehatan indonesia

Berpikir stratejik, merencanakan stratejik dan momentum stratejik harus diarahkan ke arah positioning organisasi (baca: rumah sakit) yang paling efektif dalam menghadapi lingkungan eksternal yang selalu berubah.  Analisis lingkungan adalah bagian dari analisis situasional sehingga  konklusi yang dicapai dalam analisis lingkungan akan mempengaruhi directional strategies dan internal analysis. Analisis lingkungan membutuhkan manajer strategik yang berorientasi eksternal untuk mencari opportunities dengan cara radikal mengubah status quo, menciptakan sesuatu yang secara total baru atau merevolusi proses

Sifat mendasar manajemen strategik membutuhkan kesadaran dan pemahaman kekuatan di luar organisasi

Latar belakang itulah mengapa  para manajer melakukan analisis lingkungan rumah sakit.

Adapun tujuan melakukan Analisis Lingkungan rumah sakit adalah:

  1. Memetakan dan mengelompokkan isu dan perubahan  yang disebabkan faktor di luar rumah sakit
  2. Mengidentifikasi isu dan perubahan penting saat ini
  3. Mendeteksi kelemahan rumah sakit
  4. Memprediksi isu dan perubahan di masa datang
  5. Menyediakan informasi yang diperlukan dalam proses pengembangan rumah sakit
  6. Mendorong berpikir stratejik ke seluruh jajaran rumah sakit

Namun demikian semua metoda ataupun analisis pasti ada kekurangannya. Demikian juga bila menerapkan analisis lingkungan tidak memberikan jaminan rumah sakit akan sukses menghadapi lingkungan luarnya. Hal ini dikarenakan  antara lain:

  • Manajer tidak dapat melihat segalanya denganb keterbatasan info yang dimiliki
  • Manajer tidak dapat menginterpretasikan kejadian eksternal yang mungkin berpengaruh pada rumah sakit
  • Rumah sakit tidak merespon dengan cepat isu yang terdeteksi

Sekarang terserah anda sebagai manajer apakah anda akan melakukan analisis lingkungan  demi kemajuan rumah sakit anda?