Tata naskah di Lingkungan Rumah Sakit

Pentingnya tata naskah di lingkungan Rumah Sakit ditekankan kembali di standar akreditasi yang berdasarkan JCI atau KARS versi tahun 2012.

Pedoman  Umum  Tata  Naskah  di  Lingkungan  Rumah  Sakit     dimaksudkan  sebagai  acuan  pengelolaan  dan  pembuatan naskah dinas di lingkungan Rumah Sakit dan bertujuan agar menciptakan   kelancaran   komunikasi   tulis  yang berhasil guna dan berdaya guna dalam   penyelenggaraan  tugas pokok dan fungsi di Lingkungan Rumah Sakit.

Naskah  di  lingkungan  Rumah  Sakit   terdiri  dari  dua jenis, yaitu :

  1. Naskah yang dirumuskan dalam susunan dan bentuk produk- produk hukum berupa regulasi. Misalnya : Keputusan Direktur, Peraturan Direktur, Instruksi Direktur, Surat Edaran Direktur, Standar Prosedur Operasional dan Perjanjian
  2.  Naskah   yang   dirumuskan   dalam   bentuk   bukan   produk-produk hukum ,  misalnya : Surat Biasa, Surat Keterangan, Surat Perintah, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Undangan/ Panggilan, Memorandum intern, Pengumuman, Laporan, Surat Pengantar, Lembar Disposisi, Berita Acara, Telaahan Staf, Rekomendasi, Daftar hadir, Sertifikat Pelatihan dan Notulen

Mengetahui Tata Naskah  artinya mengetahui urutan naskah yang dapat  dipakai sebagai regulasi atau bukan.  Di dalam standar akreditasi dikenal dengan istilah dokumentasi. Dokumentasi artinya harus ada bentuk legal / hukumnya. Suatu dokumentasi harus ada dasar hukumnya mulai dari kebijakan berupa Surat Keputusan Direktur, dilampiri dengan suatu panduan / dan  atau pedoman.  Akhirnya dengan dasar hukum di atas, maka disusunlah suatu Standar Prosedur Operasional (SPO). Ketentuan dalam akreditasi semua bentuk regulasi paling rendah (yaitu SPO) harus mempunyai benang merah dengan regulasi di atasnya.

No documentation, You do nothing. Semboyan itu yang dianut para surveyor RS ketika mensurvei Rumah Sakit untuk akreditasi Rumah Sakit. Dokumentasi ini selain yang telah disebutkan di atas, termasuk pula dokumentasi Rekam Medis.  Sehingga dokumentasi rekam Medik yang lengkap, rapi dan cermat menjadi hal yang sangat menunjang pelayanan rumah sakit.